cover
Contact Name
Aprilia Triaristina
Contact Email
aprilia@fkip.unila.ac.id
Phone
+6282175980724
Journal Mail Official
pesagi@fkip.unila.ac.id
Editorial Address
Gedung J FKIP Universitas Lampung, Jalan Prof. Soemantri Brodjonegoro No. 1 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung 35145
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : 27458717     DOI : https://doi.org/10.23960/pesagi
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) adalah blind and peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu Pendidikan Sejarah. Artikel-artikel yang dipublikasikan di PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) meliputi hasil penelitian. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Lampung. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) menerima manuskrip atau artikel dalam bidang pendidikan sejarah dan sejarah dari berbagai kalangan akademisi.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)" : 10 Documents clear
PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TERPROGRAM DALAM PEMBENTUKAN MINAT BELAJAR SISWA Erlangga Andalas Sakti; Maskun Maskun; Suparman Arif
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 1 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.509 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine the extent of the effect of the application of learning methods programmed in the formation of student interest Class VII SMPN 23 Bandar Lampung. This study used an experimental research design. Based on data analysis it can be concluded that programmed learning has a significant and positive influence on the interest of learning in social studies integrated with test value of t count t table ie 12 316 1,658. It means that programmed learning method is a way to do the learning process in order to obtain optimal results, so if the quality of the programmed learning is improved, the student interest in social studies Integrated will also improve.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penerapan metode pembelajaran terprogram dalam pembentukan minat belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran terprogram berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan nilai uji thitung ttabel yaitu 12.316 1.658. Artinya metode pembelajaran terprogram merupakan suatu cara yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran sehingga dapat diperoleh hasil yang optimal, sehingga apabila kualitas pembelajaran terprogram ditingkatkan maka minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu juga akan mengalami peningkatan.Kata kunci: metode pembelajaran terprogram, minat belajar, siswa
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA Lusia Dwi Indriati; Maskun Maskun; Suparman Arif
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 1 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.758 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine whether there is a significant effect of Project Based Learning model on the cognitive learning achievement of class VII SMP Negeri 7 Blambangan Umpu Way Kanan in Academic Year 2014/2015. The research used experimental method with pretest-posttest control group design. Based on the analysis of quantitative data, it can be concluded that there is a significant influence of the effect of the application of the model with the significance level of Project Based Learning is at 11,82.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikansi pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 7 Blambangan Umpu Way Kanan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pengaruh model Project Based Learning adalah sebesar 11,82.Kata kunci: hasil belajar, kognitif, project based learning
TRADISI NGUMBAI SABAH ULUN LAMPUNG SAIBATIN PEKON BIHA KABUPATEN PESISIR BARAT Nina Indayana; Iskandar Syah; Maskun Maskun
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 1 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (127.746 KB)

Abstract

This study aimed to determine the procedures of Sabah Ngumbai Ulun Lampung Saibatin Pekon Biha Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat. The method of used in this research was descriptive method with qualitative approach. The results showed that procedure of Ngumbai Sabah has three phases the preparation phase consisted of: deliberation societies in the mosque, the result of deliberation, slaughtering sacrificial animals. The implementation phase consisted of mosque public gatherings, events penayuhan/ praying, eating foods, distribution of cendana water. Closing stages consisted of: the public come to the location of paddy, plugging palm shoots, cendana water flush around the location of the fields.Penelitian bertujuan untuk mengetahui Tata Cara Ngumbai Sabah Ulun Lampung Saibatin Pekon Biha Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata cara Ngumbai Sabah mempunyai 3 (tiga) tahap yaitu tahap persiapan terdiri dari: musyawarah masyarakat di masjid, hasil musyawarah, menyembelih hewan kurban. Tahap Pelaksanaan terdiri dari: kumpul masyarakat di masjid, acara penayuhan/pembacaan doa, menyantap hidangan, pembagian air cendana. Tahap penutupan terdiri dari: masyarakat menuju ke lokasi sawah, menancapkan pucuk aren, menyiram air cendana ke sekeliling sawah.Kata kunci: ngumbai sabah, tata cara, tradisi
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA Shinta Anggraini; Syaiful M; M. Basri
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 1 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.548 KB)

Abstract

This study aimed to determine whether there was any influence and how great significance level of influence of Problem Based Learning (PBL) model to increase cognitive history achievement of XI IPS 3 students at SMA N 1 Way Tenong in the academic year 2014/2015. This study used experiment with the type of one group pretest posttest design. Based on the analysis of quantitative data using paired test, it could be concluded that there was a significant influence and the amount of influence given of Problem Based Learning (PBL) model is 0. 46 which if it is put into an interpretation of the correlations, it was included into the category of quite significant.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dan seberapa besar taraf signifikansi pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar kognitif sejarah siswa kelas XI IPS 3 SMA N 1 Way Tenong Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan tipe One Group Pretest Posttest Design. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan uji t paired dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruhyang signifikan dan Besarnya pengaruh yang diberikan model Problem Based Learning (PBL) sebesar 0,46 yang jika di masukkan kedalam interpretasi korelasi termasuk kategori cukup signifikan.Kata kunci: hasil belajar kognitif, model pembelajaran, problem based learning
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA Riantimala Riantimala; Maskun Maskun; Yustina Sri Ekwandari
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 1 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.24 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine whether there is a significant effect and how much the significant effect of Group to Group Exchange model on the cognitive achievement of students in history studies class X.2 SMA Utama 2 Bandar Lampung in academic year 2014/2015. This research used experimental method with one group pretest-posttest design. Based on the analysis of quantitative data, it can be concluded that there is a significant influence and of the effect of the model significant level of Group to Group Exchange is at 0.494, which means enough. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh signifikan dan besarnya taraf signifikan pengaruh model pembelajaran Group to Group Exchange terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kelas X.2 di SMA Utama 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan besarnya taraf signifikan pengaruh model pembelajaran Group to Group Exchange adalah sebesar 0,494 yang berarti cukup.Kata kunci: group to group exchange, hasil belajar kognitif, model pembelajaran
TINJAUAN HISTORIS KOLONISASI DI METRO TAHUN 1937 Virio Ilham; Wakidi Wakidi; Suparman Arif
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 1 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.698 KB)

Abstract

The formulation of the problem in this study was how the placement process of colonization in Metro, and this study ained to determine the placement process of colonization In Metro Year 1937. The method used in this study was the historical method. This study used study literature documentation and interviews (interviews) as the date collecting techniques, while the data analysis technique used was qualitative data analysis techniques. Based on the results of research and discussion, it can be concluded that the process of colonization in Metro 1937 had passed 3 stages, 1). The posting of the colonists in the Metro, 2). There was an opening and land colonization in the Metro division, and 3). There was a formation of villages in Metro.Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses penempatan kolonisasi di Metro, dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penempatan kolonisasi Di Metro Tahun 1937. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode historis. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kepustakaan dan dokumentasi serta interview (wawancara), sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat di simpulkan bahwa proses kolonisasi di Metro tahun 1937 melewati 3 tahapan, 1). adanya penempatan kolonis di Metro, 2). Adanya pembukaan dan pembagian lahan kolonisasi di Metro, dan 3). Terbentuknya desa-desa di Metro.Kata kunci: belanda, kolonisasi, nama-nama desa
PENGARUH MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PELAJARAN SEJARAH SISWA Nur Apriadi; Iskandar Syah; Syaiful M
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 1 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.576 KB)

Abstract

The purpose of this research was to know the influence of visual media to the result of cognitive study on history subject of 10th grade students of SMA N 1 Sumberejo Tanggamus district, year 2014/2015. While descriptive qualitative was the method used for analyzing the data. Indeed based on the data, It can be concluded that using visual media give a significant development to ward the result of cognitive study on history subject of 10th grade students in SMA N 1 Sumberejo Tanggamus district, year 2014/2015 with 6,62%.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media visual terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran sejarah siswa kelas X di SMA N I Sumberejo Kabupaten Tanggamus Tahun Ajaran 2014/2015. Metode yang penelitian gunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media visual terhadap peningkatan hasil belajar kognitif pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas X SMA N 1 Sumberejo Kabupaten Tanggamus Tahun Ajaran 2014/2015 besarnya pengaruh yang signifikan berikan sebesar 6,62.Kata kunci: hasil belajar kognitif, media visual, siswa
TEDHAK SITEN DALAM TRADISI MASYARAKAT JAWA DESA UTAMA JAYA Reti Widia Anggraini; Risma M. Sinaga; Wakidi Wakidi
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 1 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.456 KB)

Abstract

The purpose of this research was to describe Tedhak Siten ceremony in Java society which was full of value and meaning. The data were collected through observation, interview, documentation, and it was processed by using qualitative data analysis. The results of this research indicated that the Tedhak Siten ceremony contains many values: the goodness that comes from parents of their child, able to reach the goals, sociable, teach the children about gratitude to God. The conclusion of this research is the procession of Tedhak Siten ceremonies are still performed by the Java society in Utama Jaya village, although the meaning which is understood by the people is contextual meaning.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses upacara TedhakSiten pada masyarakat Jawa yang sarat dengan nilai dan makna. Data dikumpulkan melaui teknik observasi, wawancara, dokumentasi, diolah dengan menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses upacara Tedhak Siten terkandung nilai: kebaikan yang bersumber dari orangtua untuk anak, mampu meraih cita-cita, memiliki jiwa sosial, mengajarkan anak tentang rasa syukur kepada Tuhan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa proses upacara Tedhak Siten masih dilaksanakan oleh masyarakat Jawa Desa Utama Jaya, meskipun makna yang dipahami adalah makna bersifat kontekstual.Kata kunci: masyarakat, nilai, tedhak siten
TRADISI MITONI MASYARAKAT JAWA DI DESA MARGA KAYA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN Marliyana Marliyana; Iskandar Syah; Wakidi Wakidi
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 1 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.497 KB)

Abstract

The goal of this research was to investigate the implementation process of Mitoni tradition in the Java community in the village of Marga Kaya, Jati Agung South Lampung. The method used in this research was descriptive method. Results of the Mitoni Tradition are preparation, core and closing ceremonies. Mitoni Tradition preparation process includes the preparation of the execution time, preparations for implementation, implementing the bathing preparation, and preparation equipment. Then the core events include the events of sungkeman, siraman, sesuci, pecah pamor, brojolan, sigaran, nyampingan, luwaran and simparan, wiyosan, kembulan and unjukan, rujakan and dhawetan. The last is closing, in the tradition of Mitoni closed with kendurian that is distributing food which is placed in a plastic bowl and consists of tumpeng rice, sekul gurih, kulupan, fruit, ayam ingkung to neighbors and relatives as a thanks for the prayers that have been given.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan tradisi Mitoni pada masyarakat Jawa di Desa Marga Kaya, Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif. Hasil dari penelitian Tradisi Mitoni yaitu persiapan, upacara inti dan penutup. Proses persiapan Tradisi Mitoni meliputi persiapan waktu pelaksanaan, persiapan tempat pelaksanaan, persiapan pelaksana yang memandikan, dan persiapan peralatan. Kemudian acara inti meliputi acara sungkeman, siraman, sesuci, pecah pamor, brojolan, sigaran, nyampingan, luwaran dan simparan, wiyosan, kembulan dan unjukan, rujakan dan dhawetan. Yang terakhir adalah penutup, dalam tradisi Mitoni ditutup dengan acara Kendurian yaitu memberikan makanan dalam kemasan mangkok plastik yang berisi nasi tumpeng, sekul gurih, kulupan, buah-buahan, ayam ingkung dan yang lainnya kepada tetangga sekitar dan sanak keluarga sebagai ucapan terimakasih atas doa yang telah diberikan.Kata kunci : mitoni, tradisi, upacara jawa
TINJAUAN HISTORIS PERJANJIAN LAMPUNG-BANTEN YANG MENGHASILKAN PIAGAM KURIPAN TAHUN 1552 Riza Fitriani; Iskandar Syah; M Basri
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 1 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.625 KB)

Abstract

The aim of this study was to find out the background of Lampung-Banten agreement which resulted the Kuripan charter in 1552. The researcher used historical method in this study. Based on the qualitative data analysis, it could be concluded that there were some aspects which influenced the Lampung-Banten agreement which resulted Kuripan charter in 1552. (1). Economy background; Lampung and Banten as pepper producing regions had close economical relationship, because at that time ruler of Banten claimed Lampung as the biggest pepper producing region. (2). Politics background; it started by territorial expansion in some regions which was done by Banten as political relationship that was formed by Banten. (3). Religion background; Banten which had a mission in spreading Islam in Lampung, began with interactions and associates with people there that professed other religions such as Hindu, Budha, and Animism.Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah latar belakang terjadinya perjanjian Lampung-Banten yang menghasilkan piagam Kuripan pada tahun 1552. Peneliti menggunakan metode historis pada penelitian ini. Berdasarkan analisis data secara kualitatif, dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa hal yang melatar belakangi perjanjian Lampung-Banten yang menghasilkan piagam Kuripan pada tahun 1552. (1). Latar belakang ekonomi; Lampung dan Banten yang merupakan daerah penghasil lada memiliki hubungan ekonomi yang cukup erat, karena pada saat itu penguasa Banten mengklaim daerah produsen lada yang besar yakni Lampung. (2). Latar belakang politik; dimulai dengan adanya ekspansi teritorial ke daerah-daerah yang dilakukan Banten merupakan hubungan politik yang mulai dibangun oleh Banten. (3). Latar belakang agama; Banten yang membawa misi untuk menyebarkan agama Islam ke daerah Lampung, mulai melakukan interaksi dan bergaul dengan penduduk setempat yang masih menganut agama lain seperti Hindu, Budha dan Animisme.Kata kunci: perjanjian lampung-banten, piagam kuripan, tinjauan historis

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 8, No 1 (2020): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 9, No 2 (2021): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 9, No 1 (2021): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 8, No 2 (2020): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 7 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 6 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 5 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 4 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 3 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 2 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 1 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 5 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 4 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 3 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 2 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 1 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 9 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 8 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 7 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 6 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 5 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 4 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 3 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 2 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 1 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 3 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 2 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 1 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 6 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 5 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 4 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 3 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 2 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 1 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 6 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 5 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 4 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 3 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 2 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 1 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 6 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 5 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 4 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 3 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 2 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 1 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) More Issue